Pages

Wednesday, February 12, 2014

Kegunaan Yang Sebenarnya Aplikasi Edmodo

"Kegunaan Yang Sebenarnya Aplikasi Edmoda"


Edmodo merupakan aplikasi jejaring sosial yang berbasis pembelajaran online, Tercetus ide dari Nic Borg dan jeff O'hara pada akhir 2008. Dari Edmodo ini siapapun bisa membentuk komunitas sesuai komitmen dan pengembangan konten yang diterapkan bagi anggotanya.

Calon pengguna Edmodo dapat secara mudah untuk mendapatkan akun yang tanpa berbayar dengan ketik URLnya: https://www.edmodo.com/ selanjutnya pengguna dapat memilih fitur yang akan digunakan. Ada empat pilihan fitur untuk mendaftar yaitu: I'm a teacher untuk guru. I'm a student untuk murid. I'm a parent untuk orang tua dan School & District untuk menghubungkan sekolah dengan edmodo.

Desain Edmodo sediri mirip dengan facebook, karena kemudahan dan kenyamanan facebook inilah yang diadobsi oleh penggagas edmodo untuk mengajak peserta didik membentuk belajar secara online. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan peserta didik yang menggunakannya dapat secara nyaman dan aman untuk saling berhubungan, berkolaborasi dan berbagi konten.

 

Kelebihan yang ditawarkan dalam jejaring sosial edmodi ini adalah: guru dan orang tua atau wali murit dapat memantau bahkan membantu kegiatan siswa atau mahasiswa. Pola hubungan yang benar - benar fokus pada kegiatan pembelajaran. Konsep belajar online melalui edmodo ini dapat dilakukan dimana saja, kapan saja serta melalui divice apa saja. Jadi intinya aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Selain mudah edmodo ini aman digunakan karena pembelajaran haya tertuju pada peserta didik, pendidik/guru serta orangtua didik yang ikut terlibat.

Dosen atau guru yang sebagai pendidik yang ikut bergerak didalamnya atau amin sebaiknya terus memberikan tugas atau konten-konten berupa materi pembelajaran yang menarik agar peserta didik tidak bosan.