Pages

Wednesday, February 12, 2014

Kosa kata selfie

"kosa kata Selfie"

 

       Pesatnya perkembangan teknologi didunia termasuk indonesia didalamnya, cara pemakaian teknologi ini pun semakin bermacam cara dengan menyesuaikan jaman. Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan kosa kata baru yang muncul, yaitu self-portrait (selfie). Kosa kata selfie termasuk kosa kata baru yang didefinisikan sebagai cara seseorang dalam mengambil gambar diripribadi secara sendiri. Dalam bahasa lebih luas, selfie mungkin bisa diartikan sebagai menfoto diri atau mengambil gambar dengan dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan kata lain, dirinya sendiri dijadikan subjek dan objek.

       Semakin seringnya muncul, pada tahun 2013 kata selfie sampai dimasukkan dalam kamus bahasa inggris oxford. Pertanyaan ini coba dijawab oleh ahli ilmu syaraf james kilner dari university college london. Dikutip oleh bbc, kilner menjelaskan bahwa fenomena selfie berkaitan erat dengan citra yang dipersepsikan seseorang atas dirinya sendiri (self image).

       Dalam sejarahnya, selfie foto diri telah dilakukan jauh sebelum kamera berkembang pesat seperti sekarang ini. Robert cornelius meyakinni pada tahun 1839 lah pertama kali selfie dilakukan oleh orang - orang. Foto pertama tersebut telah ditempatkan di library of congress washington. Ketika era, kamera polaroid sedang menjadi salah satu tren ditahun tujuh puluhan, seorang bernama andy warhol juga pernah melakulan selfie dan hal yang serupa, dan ia menjadi selfie kedua yang tercatat dalam sejarah. Ini berarti selfie tidak hanya dilakukan baru-baru ini, akan tetapi sudah semenjak beberapa tahun lalu. Mungkin bahasanya saja yang berbeda.

       Kini selfie sudah dilakukan oleh banyak orang termasuk kita sendiri namun terkadang belum sadar jika apa yang kita lakukan itu adalah aktivitas selfie. DiIndonesia sendiri, aktivitas selfie telah banyak dilakukan, dari anak muda sampai orang tua. Hasil foto ini dapat kita lihat di jejaring sosial, seperti di twitter, facebook dan jejaring sosial lainnya yang sejenis dijadikan foto profil, maupun hanya upload belaka agar diketahui oleh orang banyak.

       Kini selfie sudah dikenal oleh banyak kalangan masyarakat dengan adanya ponsel pintar (smartphone) yang semakin berkembang untuk membantu aktifitas selfie.